MENUNDA KEHAMILAN SAAT PANDEMI COVID-19

Blog Image

MENUNDA KEHAMILAN SAAT PANDEMI COVID-19

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyarankan kepada pasangan suami istri untuk menunda rencana kehamilan selama masa pandemic covid-19 guna mencegah risiko terpapar penyakit. Namun pandemic yang tidak dapat diprediksi kapan berakhir ini membuat banyak pasangan merasa bingung. Apakah benar-benar perlu menunda kehamilan? Bagaimana jika sudah terlanjur hamil? Langkah apa saja yang perlu dilakukan agar ibu dan bayi tidak tertular virus berbahaya ini?

Unit Promosi Kesehatan RSUD Kota Tangerang mencoba menjawab kebingungan tersebut dengan menyelenggarakan edukasi virtual bagi masyarakat umum pada Kamis, 25 Juni 2020 pukul 09.00 s.d 10.00 WIB di channel youtube RSUD Kota Tangerang. Bersama praktisi handal di bidang Obstetri dan Ginekologi, dr. Yanis Samsul Muarif, SpOG dan dr. Muhammad Reza sebagai moderator kami mencoba memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Hasil dari edukasi secara live streaming tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa :

1. Pasangan suami istri dianjurkan untuk menunda kehamilan demi memutus mata rantai penularan covid-19;

2.   Usaha untuk hamil tetap boleh dilakukan selama keduanya sehat;

3. Ibu hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala terutama ketika ada gejala;

4.  Ibu hamil harus lebih berupaya untuk dapat menjalankan hidup lebih sehat, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan pertahankan kondisi hati agar selalu dalam keadaan senang.

Bagi anda yang ingin melihat kembali edukasi lengkap dari ahlinya, anda dapat menyaksikan video tersebut melalui channel youtube RSUD Kota Tangerang pada laman https://youtu.be/OVxciU6-Byk.