Pelatihan Manajemen Risiko Dalam Keselamatan dan Keamanan Fasilitas

Blog Image

Pelatihan Manajemen Risiko Dalam Keselamatan dan Keamanan Fasilitas

 

Pada tanggal 30 September – 01 Oktober 2019 RSUD Kota Tangerang mengadakan Pelatihan Manajemen Risiko Dalam Keselamatan dan Keamanan Fasilitas di Aula RSUD Kota Tangerang Lt.4. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diadakan bekerjasama dengan Institut Manajemen Risiko Klinis (IMRK) dengan narasumber dr. Arjaty W Daud, MARS.

Rumah Sakit merupakan institusi yang sangat kompleks yang terdiri dari beragam risiko. Dalam mengantisipasi risiko-risiko tersebut, diperlukan suatu pendekatan proaktif dengan manajemen risiko Untuk mengidentifikasi risiko dan mencegah serta mengantisipasinya sebelum terjadi.

         Manajemen risiko adalah sebuah kegiatan berupa identifikasi dan evaluasi untuk mengurangi risiko cedera dan kerugian pada pasien, karyawan rumah sakit, pengunjung dan organisasinya sendiri (JCAHO). Di sisi lain Manajemen Risiko menurut ASHRM adalah kegiatan meminimalkan bahaya terhadap pasien, kegiatan untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi karyawan, pasien dan pengunjung.

Tujuan diadakan pelatihan ini adalah agar para peserta memahami konsep manajemen risiko di Rumah Sakit, memahami asesmen risiko terkait fasilitas di Rumah Sakit (keselamatan, keamanan, hazard material, kebakaran, kesiapan kegawatdaruratan, alat medis dan utility), serta memahami metode analisa risiko seperti HVA, ICRA, Hospital Safety Index, PCRA.