SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA

Blog Image

SIMULASI PENANGGULANGAN BENCANA

 Pada tanggal 12 – 14 November 2019, RSUD Kota Tangerang mengadakan kegiatan Simulasi Penanggulangan Bencana bekerjasama dengan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bertempat di Aula Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang.

 Agenda pada hari pertama, peserta pelatihan yang terdiri dari dokter, perawat, tim IPSRS, komite K3RS melakukan pre test terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai kebijakan dan strategi penanggulangan krisis kesehatan, prinsip hospital disaster plan, potensi risiko bencana di RSUD (HVA), Analisa hospital safety index (WHO 2015), pengorganisasian SDM, fasilitas sarana dan prasarana pada bencana, tim medik reaksi cepat dalam bencana dan sehari-hari.

Pada hari kedua peserta melakukan kegiatan mass casualty incident dan manajemen IGD penuh sesak, triage bencana dan RS, evakuasi dan transportasi (teori dan praktikum), manajemen fire safety di RS, praktikum APAR dan hydrant Gedung.

Hari ketiga peserta melakukan riview skenario dan pembagian tim serta table top exercise serta post test dan terakhir pelaksanaan simulasi, debriefing bahkan evaluasi simulasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan pembimbing dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI dr. Agustina, MKM, dr. Yogi, Sp.OT, Anggi Ginanjar, SE,MM, Ahmad Riza’i, S.Kep, MARS, Fitri Arman, Ssi,Apt,MM, dr.Riyadh Firdaus, Sp.An (K), dr.  Hadiki Habib, Sp.PP, Ns Ferry Ludfi, S.Kep.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar para peserta pelatihan dapat memahami dan menilai situasi yang dapat mencederai pasien maupun merusak lingkungan (sarana prasarana) di RSUD Kota Tangerang, juga peserta terampil dalam menggunakan fasilitas, evakuasi dan tangkas di dalam penggunaan waktu yang efektif di dalam tanggap bencana.