Pada hari Selasa tanggal 25 Juni 2024, RSUD Kota Tangerang menerima tamu dari RSUD Masohi Maluku Tengah yang melakukan kaji banding terkait Inovasi dan Pelayanan Publik.
Perwakilan tim kaji banding disambut baik oleh Direktur RSUD Kota Tangerang Dr.H.Yusuf Alvian Geovanny, M.K.M beserta jajaran Direksi. Hadir dari RSUD Masohi Robert. N. Lilihata, S.Si, M.Sc, Apt selaku ketua tim kaji banding didampingi Trifebrianty Tuankotta, S.Psi dan Amirullah. Y.latarissa, SKM sebagai anggota
Kegiatan diawali pemaparan profil dan penjelasan tentang Inovasi Pelayanan Publik RSUD Kota tangerang oleh direktur, yang dilanjutkan dengan tanya jawab dan diakhiri dengan hospital tour.
Tim dari RSUD Masohi sangat mengapresiasi atas penerimaan dari RSUD Kota Tangerang, mereka menyampaikan rasa terima kasih dan kekaguman terhadap sarana prasarana RSUD Kota Tangerang dan inovasi SIBOOCIN yang telah didukung oleh Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) bagi pasien yang ingin melakukan pendaftaran rawat jalan, tanpa melalui loket pendaftaran. Selain melihat fasilitas yang tersedia di instalasi, tim kaji banding juga melihat arena bermain anak , bengkel ortotik prostetik serta fasilitas yang disediakan RSUD Kota Tangerang bagi pengunjung dengan disabilitas. Mereka sangat kagum dengan kebersihan RSUD Kota Tangerang yang baik, penataan ruang tunggu pasien serta ruang humas yang memudahkan pasien untuk berinteraksi dan memperoleh kejelasan informasi.
Kegiatan kaji banding ini diharapkan dapat menjadi awal kerja sama yang baik antar rumah sakit ke depannya terutama bagi pengembangan kegiatan pelayanan publik.
Adapun tanggapan dan kutipan RSUD Masohi Maluku Tengah :
(Sourch by Voice Note)
0:00
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Pada kesempatan ini kami tim pelayanan publik dan inovasi RSUD Masuhi Keupadian Meluku Tengah memberikan apresiasi kepada Bapak Direktur RSUD Kota Tangrang Seluruh jajarannya Bapak Ibu Eselon III dan Eselon IV Yang telah menerima kami untuk melakukan kaji banding inovasi dan pelayanan publik kesan dan pesan yang dapat kami sampaikan terkait proses yang kami lakukan
0:31
selama satu hari di rumah sakit ini di daerah kota Tangerang adalah bahwa pelayanan publik dan inovasi yang dilakukan di rumah sakit kota Tangerang telah berjalan dengan baik di mana rumah sakit kota Tangerang merupakan rumah sakit yang memiliki pemerintah daerah yang merupakan pusat rujukan untuk kasus penyakit yang menjadi perhatian khusus. Kami juga berterima kasih kami diberikan kesempatan untuk melakukan hospital tour untuk mengincau langsung area-area pelayanan publik dan unit-unit yang melakukan inovasi di rumah sakit peta tanggera.
1:11
dengan kekuatan sumber daya manusia yang begitu besar dan sarana-prasarana yang memadai dan letak rumah sakit umum Kota Tangerang yang berada di jantung pus Kota Tangerang membuat rumah sakit ini menjadi rumah sakit yang menjadi rujukan masyarakat walaupun disadari bahwa di sekitar rumah sakit kota tengerang memiliki kompetitor yang begitu besar
1:40
kurang lebih 31 rumah sakit, baik pemerintahan swasta tetapi rumah sakit kota tengerang mampu untuk bersaing dan bahkan memberikan pelayanan yang terbaik kami melihat langsung di lapangan bahwa rumah sakit tengerang dari aspek pelayanan yang dilakukan sudah memiliki standar pelayanan yang baik, memiliki maklumat pelayanan kemudian dalam rangka mengukur sampai sejauh mana partisipasi masyarakat di dalam pelayanan telah dilakukan survey kepuasan masyarakat
2:18
baik dilakukan secara internal maupun dilakukan secara eksternal lewat kementerian PAN-RB dan memang kami melihat langsung bahwa di unit-unit pelayanan itu telah diberikan akses selesuasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan melakukan survei terhadap pelayanan yang dilakukan
2:41
artinya masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat respon mereka terhadap pelawanan yang mereka terima sehingga berdasarkan masukan dari masyarakat itu manajemen melakukan berbagai perubahan-perubahan yang sangat luar biasa kemudian terkait dengan meningkatkan apelilaku pegawai ada dokumen kode etik dan aturan disiplin yang mengikat pegawai
3:12
sehingga di dalam menjalankan tugas tanggung jawab itu, pegawai secara disiplin melakukan tanggung jawabnya dan melakukannya dengan cinta dan hati kemudian yang berikut mendemik manajemen juga memberikan reward kepada pegawai-pegawai yang berprestasi di dalam rangka meningkatkan semangat di dalam bekerja, meningkatkan produktivitasnya dan juga memberikan sebuah penghargaan kepada mereka atau pegawai yang telah melakukan banyak prestasi dalam pelayanan
3:37
juga selain mendapatkan reward di dalam pelayanan, pegawai juga diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan di internal rumah sakit maupun dilakukan dengan melibatkan unsur pemerintah daerah sehingga ini sangat baik di dalam mencapai standar pelayanan rumah sakit terkait dengan tanggung jawab rumah sakit di dalam memberikan 20 jam pelajaran kepada setiap pegawai dan hari itu kami lihat sendiri bahwa keterlibatan pemerintah daerah dalam memberikan akses yang seluas-luasnya kepada pegawai di rumah sakit maupun di unit yang lain itu sangat baik
4:30
Di dalam melakukan pelayanannya kami juga melihat bahwa telah ada dokumen budaya pelayanan kemudian dokumen panduan pemberian reward sehingga ada regulasi yang mengikat semua pegawai untuk melakukan tanggung jawabnya secara baik dan benar kemudian dengan semua tanggung jawab itu mereka dapat melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat
4:57
yang luar biasanya bahwa penerapan layanan di rumah sakit kota Tangerang itu sudah berbasis IT pada saat kami masuk dari awal di lobi rumah sakit kami melihat bahwa penataan ruang tumuh pasien kemudian akses pasien untuk mendapatkan informasi lewat brosur, leaflet bahkan diberikan akses juga untuk mendapatkan pelayanan dan kebutuhan-kebutuhan yang memang dibutuhkan pasien misalnya ada pusat untuk mencargar hape dan sebagainya
5:40
kemudian yang kami lihat juga bahwa di dalam penerapan budaya pelayanan masyarakat bisa langsung mengakses dan masyarakat bisa langsung memberikan kontribusi pemikiran di dalam peningkatan pelayanan kami juga lihat bahwa di dalam rangka meningkatkan
5:57
pelayanan kepada pengunjung berkebutuhan khusus atau difabel telah tersedia area-area pelayanan publik bagi pasien difabel ada jalur khusus, kemudian parkiran khusus, kemudian toilet khusus dan terkait dengan sarana fasilitas umum sudah sangat baik dimana ada taman area bermain, kemudian ruang laktasi, yang luar biasa lagi yang kami lihat ada mobil antar jemput pasien jadi rupiah rumah sakit memberikan akses kepada masyarakat dalam menjangkau rumah sakit
6:37
sehingga ada mobil khusus untuk mengantar jemput pasien ini juga sangat baik yang kami lihat kemudian sarana-sarana fasilitas umum yang kami lihat ada diskonomensulat kemudian ada anjuman tunai mandiri ini sebuah hal yang baik memberikan akses kepada pasien yang memang nantinya
6:56
membutuhkan biaya di dalam proses pengobatan dia tidak jauh lagi untuk mengambil di tempat lain kemudian ruang tunggu yang memadai kemudian yang paling kami lihat adalah kebersihan rumah sakit ini. Jadi kemarin kami sampaikan kepada Pak Direktur bahwa rumah sakit di daerah Kota Tangerang adalah rumah sakit pemerintah yang bernuansa swasta. Karena kami melihat bahwa ketika kami masuk ke rumah sakit ini, itu memiliki nuansa yang berbeda dengan rumah-rumah sakit seperti di daerah. Kemudian terkait dengan pengaduan masyarakat itu dilakukan bisa langsung
7:46
face to face di tempat pengaduan, masyarakat juga bisa memberikan akses untuk mengadu di Google of you atau juga bisa lewat Whatsapp, email rumah sakit, dan website rumah sakit jadi dibuka ruang sebesar-besarnya untuk mendapatkan masukan dari masyarakat dan dengan masukan dari masyarakat itu rumah sakit terus melakukan berbagai inovasi-inovasi yang sangat luar biasa kami melihat kemarin salah satu inovasi yang kami lihat adalah inovasi sarana peserta sumber
8:22
yaitu si bucin, sisting booking check-in. Ini sangat luar biasa, jadi memecat antrian pasien di Koli Pendaftaran Rawat Serang. Sehingga pada saat kami datang, seakan-akan rumah sakit ini tidak ada pasiennya di ruang tunggu, padahal sebenarnya pasiennya sudah terurai dan sudah terlayani. Ini sangat luar biasa, berbeda yang terjadi dengan di rumah-rumah sakit daerah lain di mana terjadi penumpukan di loket-loket pendaftaran. Kemudian yang dapat kami lihat juga terkait dengan
8:56
pelayanan di rumah sakit kota Tangerang ada satu unit yang luar biasa yang terkait dengan ini membantu pasien-pasien yang mengalami kecelakaan atau harus diamputasi karena penyakit itu dibuatkan kaki palsu dan yang luar biasa lagi, itu di cover oleh BPJS hanya hal-hal yang baik yang secara tidak langsung memberikan dampak yang luar biasa
9:31
ada satu hal menarik yang dapat kami sampaikan bahwa walaupun pesaing yang begitu banyak, kurang lebih 31 rumah sakit di sekitar kota Tangerang tapi angka kunjungan pasien di rumah sakit kota Tangerang itu dari hari ke hari, dari bulan ke bulan itu naik ketika kami menelusuri apa yang menjadi penyebab tingginya angka kunjungan di tengah kompetisi yang begitu kompetitif
9:54
ternyata manajemen mengharapkan budaya organisasi yang begitu baik tidak memberikan jarak antara manajemen dengan pelayanan membuka ruang diskusi dengan pegawai karena menurut pembawa direktur bahwa pegawai merupakan aset terbesar yang harus diberikan ruang diberikan apresiasi sehingga mereka merasa dihargai
10:18dan mereka akan memberikan yang terbaik bagi pelayanan di rumah sakit ini melayani dengan cingkat C itu cepat, I itu inovatif, N itu nyaman, D itu tepat, dan D itu akurat Dan itu memang tergambar pada saat kami melakukan hospital tour Berterima kasih juga kepada Pak Direktur dengan seluruh jajarannya khusus dokter lulu yang telah menemani, bahkan pegawai juga yang menampingi kami
10:53
kami melihat kehangatan, kebersamaan, cinta itu hadir bukan sekedar menjadi motor rumah sakit tapi tergambar dari bapak ibu pejabat sekolah yang dimulai oleh pak direktur yang begitu ramah yang selalu buyon di dalam proses sehingga kita menciptakan sesuatu yang takut tapi suasana yang cair dan branding rumah sakit ini juga mengombarkan bahwa rumah sakit ini memang menjadi rumah sakit pilihan masyarakat fasilitas yang disediakan memang merupakan sesuatu yang nyaman kemudian terjangkau juga oleh masyarakat, kemudian terpercaya dan budaya kerjanya itu tergambar di lima S-nya
11:41
pegawai yang senyum, kemudian memberikan salam, sapa, salpan dan santu dan kami menarik kesimpulan bahwa dari aspek pelayanan publik rumah sakit ini telah menerapkan aspek penerapan pelayanan publik berdasarkan standar yang ditetapkan oleh pemerintahan Pak NRB kemudian di dalam menyebarkan permasalahan-permasalahan terkait pelayanan telah berpengaruh melakukan berbagai inovasi yang bukan hanya menyelesaikan permasalahan di rumah sakit kota Tangerang
12:07
tapi juga memberikan impact kepada bangsa dan negara ini Terima kasih sekali lagi kepada Bapak Direktur, kepada Bapak Ibu Pejabat S03 dan S04 Terusus Bu Susi dan Dokter Luluh Terima kasih bu, sambutan baik pertama kali kami datang bahkan menampingi kami selama hospital tour itu sudah memberikan kesan yang luar biasa bagi kami
12:32
kami berharap kebersamaan ini tidak sampai hanya pada kaji banding kami tapi kami juga tetap bisa membangun jaring dengan rumah sakit umum Kota Tangerang kekurangan yang kami miliki di rumah sakit Mas Sohi, Kaupat, Malapetengah dapat kami share kepada bapak ibu di rumah sakit Kota Tangerang yang kami lihat sudah bergerak sangat maju satu hal yang dapat kami sampaikan bahwa
12:55
Rumah Sakit kami berdekat ke depan untuk menjadi blut dan kami berharap pengalaman-pengalaman yang telah dijalani di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang itu bisa memberikan impact dan pengalaman bagi kami di Rumah Sakit Umum Kota Masuri itu saya yang dapat saya sampaikan, masih banyak lagi tapi saya berpikir bahwa tidak akan pernah habis apa yang kami sampaikan karena terlalu baik dan terlalu luar biasa
13:19
pengiriman yang dilakukan oleh Bapak Direktur bersama seluruh jajarannya kami berdoa semoga Rumah Sakit Umum Kota Tangerang ke depan semakin sukses, melayani dengan cinta, tepat, inovatif, nyaman, tepat, dan akurat memberikan dampak yang besar bagi warga kota Tangerang, memberikan impact dari Tangerang untuk Indonesia. Terima kasih.