Sejarah

Blog Image

Sejarah

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang didirikan sebagai upaya tindak lanjut Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat Kota Tangerang, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Pengembangan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang adalah pelayanan berdasarkan standar Rumah Sakit Umum kelas C non kelas dengan kapasitas 150 TT yang dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi rumah sakit.

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang berlokasi di pusat Kota Tangerang, di Jl. Pulau Putri Raya Perumahan Modernland Kelurahan Kelapa Indah Kecamatan Tangerang. Pembangunan fisik RSUD telah dibuat dengan memperhatikan zoning dan rencana alur pelayanan sehingga tidak menyalahi aturan standar persyaratan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI, yang aman bagi pasien dan pelanggan serta efektif dan efisien. Pelayanan Rumah Sakit melihat dan mengacu kepada sumber daya yang ada akan memberikan keuntungan kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan kesejahteraan pegawai.

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang dibangun mulai pada tahun 2012 dan  selesai pembangunannya pada tahun 2013, berdiri di atas lahan sebesar 14.000M2, luas bangunan 23.743M2 dengan tinggi bangunan 8 lantai adalah merupakan  Rumah Sakit tipe C non kelas. Fasilitas yang disediakan terdiri dari Instalasi gawat darurat, Instalasi rawat jalan dengan 4 bidang spesialistik dasar dan 8 bidang spesialistik tambahan lainnya, Instalasi rawat Inap, HCU, ICU, PICU, NICU, OK, VK, Hemodialisa, Radiologi, Laboratorium, Farmasi, Rehabilitasi Medik, Ruang jenazah, Workshop, dapur, laundry, CSSD, Ipal, Ruang Administrasi Rumah Sakit, Ruang Medical Record, dan Ruang Keamanan, berdasarkan SK Walikota No 445/Kep.87-RSUD/2014, tertanggal 30 Januari 2014, RSUD Kota Tangerang ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan status BLUD penuh dan telah diresmikan  oleh Walikota H. ARIF R WISMANSYAH pada tanggal 10 Maret 2014 dan dihadiri oleh tokoh - tokoh masyarakat Kota Tangerang, Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang juga berdasarkan Keputusan Walikota No 445/Kep.87-RSUD/2014 bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang telah ditetapkan sebagai Satuan Kerja Perangkap Daerah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah, kemudian penyerahan sertifikat penempatan kelas RSUD Kota Tangerang  oleh  Menteri Kesehatan RI pada tanggal 23 Juli 2014.

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang didirikan sebagai upaya tindak lanjut Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat Kota Tangerang, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Dalam mengembangkan pelayanan  Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tangerang sampai akhir tahun 2018 jumlah tempat tidur yang tersedia adalah 184 Tempat Tidur perawatan Umum dan 6 Tempat Tidur perawatan bayi.

 Pencapaian RSUD Kota Tangerang di tahun 2017 meraih akreditasi Rumah Sakit dengan predikat “Paripurna” versi 2012. Dalam meningkatkan mutu pelayanan, RSUD Kota Tangerang membuka poliklinik sore (klinik konsultan ginjal hypertensi, klinik anak, klinik kebidanan kandungan, klinik jiwa dan klinik gigi spesialis), klinik DOTS, klinik Okupasi therapi, dan menambah jumlah tempat tidur ICU dari 4 TT menjadi 6 TT, Isolasi ICU 2 TT, tindakan operasi dengan Minimal Invasive Surgery (MIS) sebagai penunjang tindakan operatif.